PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES UNTUK PENENTUAN JURUSAN SISWA - SISWI PADA SMAN 9 KENDARI

METODE NAÏVE BAYES UNTUK PENENTUAN JURUSAN SISWA - SISWI PADA SMAN 9 KENDARI

Authors

  • Nur Khafifah Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Gusti Ngurah Adi Wibawa Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Arman Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Wayan Somayasa Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • La Gubu Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Ruslan Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari

DOI:

https://doi.org/10.33772/jmks.v4i1.73

Keywords:

Penjurusan siswa-siswi, Naïve Bayes, klasifikasi

Abstract

Penjurusan siswa-siswa disuatu sekolah merupakan suatu proses penempatan siswa-siswi ke dalam jurusan tertentu sesuai dengan kemampuan dan keinginan siswa-siswi . SMAN 9 Kendari adalah salah satu sekolah menengah atas negeri yang ada dikota kendari. Adapun pelajaran yang diberikan meliputi semua mata pelajaran wajib sesuai kurikulum yang berlaku. Saat ini SMAN 9 Kendari memiliki pemilihan jurusan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dan Ilmu Bahasa Dan Budaya (IBB). Terdapat tiga jurusan yang harus di pilih siswa-siswi salah satunya dengan mekanisme yang sudah ditentukan pihak sekolah seperti tes tertulis. Hal tersebut yang nantinya akan menjadi parameter menentukan klasifikasi siswa-siswi akan jurusan/ peminatannya. Pada penelitian ini, menggunakan  penerapan metode Naïve Bayes untuk melakukan klasifikasi nilai  dan menghasilkan rekomendasi jurusan siswa-siswi. Untuk klasifikasi  jurusan siswa-siwi, variabel yang digunakan ialah Nilai Matematika SMP , Nilai Bahasa Indonesia SMP ,  Nilai Bahasa Inggris SMP , Nilai  IPA SMP ,  Nilai IPS SMP ,  dan Nilai Ujian Sekolah SMP . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sistem penjurusan siswa- siswi dapat memberikan rekomendasi jurusan dengan nilai Akurasi adalah 55,55%, nilai sensitifitas adalah 75% dan spesifisitas adalah 25%.

Published

2024-07-11

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5