SISTEM ANTRIAN UNTUK MENGANALISIS PENGOPTIMALAN PELAYANAN PENGAMBILAN OBAT DI PUSKESMAS BANABUNGI KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON
SISTEM ANTRIAN UNTUK MENGANALISIS PENGOPTIMALAN PELAYANAN PENGAMBILAN OBAT
DOI:
https://doi.org/10.33772/jmks.v3i3.68Abstract
Puskesmas ialah suatu instansi di mana sangat berperan untuk melayani masyarakat yang harus memberikan pelayanan terbaik. Terdapat pasien per harinya sehingga dapat mengakibatkan antrian yang panjang dalam melayani pasiennya. Antrian adalah keadaan di mana sekumpulan orang yang membutuhkan pelayanan harus menunggu dalam suatu urutan baris tertentu sebelum memperoleh pelayanan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan memberikan pelayanan lebih kecil bila dibandingkan dengan kebutuhan akan suatu pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dalam upaya mengoptimalkan sistem pelayanan dan untuk mengetahui kinerja sistem pelayanan pengambilan obat. Metode penyelesaian yang digunakan adalah metode observasi dengan model sistem ( . Penelitian dilakukan selama 5 hari pada hari senin-jumat bulan April tahun 2022. Data yang diambil adalah waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan sehingga dari data tersebut diperoleh hasil ukuran kinerja dari disiplin antrian yaitu nilai utilitas sistem sebesar , rata-rata jumlah pasien dalam sistem sebesar pasien, rata-rata jumlah pasien yang menunggu dalam antrian sebesar 0,168 pasien, rata-rata waktu yang dihabiskan seorang pasien dalam sistem sebesar per jam, dan rata-rata waktu yang dihabiskan seorang pasien dalam antrian sebesar per jam. Sistem antrian yang diterapkan Puskesmas Banabungi Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton sudah optimal karena antrian tidak cukup panjang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.