PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES UNTUK PENENTUAN JURUSAN SISWA - SISWI PADA SMAN 9 KENDARI
METODE NAÏVE BAYES UNTUK PENENTUAN JURUSAN SISWA - SISWI PADA SMAN 9 KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.33772/jmks.v4i1.73Keywords:
Penjurusan siswa-siswi, Naïve Bayes, klasifikasiAbstract
Penjurusan siswa-siswa disuatu sekolah merupakan suatu proses penempatan siswa-siswi ke dalam jurusan tertentu sesuai dengan kemampuan dan keinginan siswa-siswi . SMAN 9 Kendari adalah salah satu sekolah menengah atas negeri yang ada dikota kendari. Adapun pelajaran yang diberikan meliputi semua mata pelajaran wajib sesuai kurikulum yang berlaku. Saat ini SMAN 9 Kendari memiliki pemilihan jurusan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dan Ilmu Bahasa Dan Budaya (IBB). Terdapat tiga jurusan yang harus di pilih siswa-siswi salah satunya dengan mekanisme yang sudah ditentukan pihak sekolah seperti tes tertulis. Hal tersebut yang nantinya akan menjadi parameter menentukan klasifikasi siswa-siswi akan jurusan/ peminatannya. Pada penelitian ini, menggunakan penerapan metode Naïve Bayes untuk melakukan klasifikasi nilai dan menghasilkan rekomendasi jurusan siswa-siswi. Untuk klasifikasi jurusan siswa-siwi, variabel yang digunakan ialah Nilai Matematika SMP , Nilai Bahasa Indonesia SMP , Nilai Bahasa Inggris SMP , Nilai IPA SMP , Nilai IPS SMP , dan Nilai Ujian Sekolah SMP . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sistem penjurusan siswa- siswi dapat memberikan rekomendasi jurusan dengan nilai Akurasi adalah 55,55%, nilai sensitifitas adalah 75% dan spesifisitas adalah 25%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.