PENERAPAN METODE INTERPOLASI LAGRANGE DALAM MERAMALKAN JUMLAH PENDAPATAN PADA PERCETAKAN (STUDI KASUS: GEVIRA ADVERTISING)

INTERPOLASI LAGRANGE DALAM MERAMALKAN JUMLAH PENDAPATAN PADA PERCETAKAN

Authors

  • Nurul Nahdahfajriani Mansyur Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Arman Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • La Gubu Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Wayan Somayasa Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Aswani Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari

DOI:

https://doi.org/10.33772/jmks.v4i1.80

Keywords:

Peramalan, Interpolasi, Interpolasi Lagrange, MAPE

Abstract

Peramalan adalah memperkirakan sesuatu pada waktu yang akan datang berdasarkan data masa lampau. Interpolasi adalah metode menghasilkan titik-titik data baru dalam suatu jangkauan dari suatu set diskrit data-data yang diketahui. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model peramalan jumlah pendapatan dengan menggunakan Interpolasi Lagrange dan mengetahui hasil peramalan. Dalam penelitian ini digunakan metode Interpolasi Lagrange untuk memprediksi pada studi kasus nilai jumlah pendapatan percetakan Gevira Advertising. Berdasarkan jumlah pendapatan pada bulan Januari 2021 sampai November 2022 diperoleh model Interpolasi Lagrange derajat tujuh. Dari hasil analisis yang diperoleh, hasil peramalan pada bulan Desember 2022 hingga bulan April 2023 mengalami kenaikan dan penurunan jumlah pendapatan. Peramalan dengan metode Interpolasi Lagrange menghasilkan nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) ≤10% sehingga akurasi peramalan masuk dalam kategori data sangat baik. Sehingga dapat dikatakan metode Interpolasi Lagrange sangat baik untuk meramalkan data jumlah pendapatan pada percetakan Gevira Advertising.

Published

2024-07-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>