PENERAPAN METODE INTERPOLASI LAGRANGE DALAM MERAMALKAN JUMLAH PENDAPATAN PADA PERCETAKAN (STUDI KASUS: GEVIRA ADVERTISING)
INTERPOLASI LAGRANGE DALAM MERAMALKAN JUMLAH PENDAPATAN PADA PERCETAKAN
DOI:
https://doi.org/10.33772/jmks.v4i1.80Keywords:
Peramalan, Interpolasi, Interpolasi Lagrange, MAPEAbstract
Peramalan adalah memperkirakan sesuatu pada waktu yang akan datang berdasarkan data masa lampau. Interpolasi adalah metode menghasilkan titik-titik data baru dalam suatu jangkauan dari suatu set diskrit data-data yang diketahui. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model peramalan jumlah pendapatan dengan menggunakan Interpolasi Lagrange dan mengetahui hasil peramalan. Dalam penelitian ini digunakan metode Interpolasi Lagrange untuk memprediksi pada studi kasus nilai jumlah pendapatan percetakan Gevira Advertising. Berdasarkan jumlah pendapatan pada bulan Januari 2021 sampai November 2022 diperoleh model Interpolasi Lagrange derajat tujuh. Dari hasil analisis yang diperoleh, hasil peramalan pada bulan Desember 2022 hingga bulan April 2023 mengalami kenaikan dan penurunan jumlah pendapatan. Peramalan dengan metode Interpolasi Lagrange menghasilkan nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) ≤10% sehingga akurasi peramalan masuk dalam kategori data sangat baik. Sehingga dapat dikatakan metode Interpolasi Lagrange sangat baik untuk meramalkan data jumlah pendapatan pada percetakan Gevira Advertising.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.