ANALISIS KONJOIN UNTUK MENENTUKAN PREFERENSI MAHASISWA MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS HALU OLEO DALAM MEMILIH MARKETPLACE
Keywords:
Conjoint analysis, preference, marketplaceAbstract
Marketplace adalah lingkungan online berbasis internet (web-based) yang dapat digunakan untuk melakukan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Marketplace perlu mengetahui sesuatu yang menjadi perhatian konsumen untuk menentukan segmentasi dan proses keputusan pembelian. Sehingga diperlukan preferensi konsumen, untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui atribut yang paling penting dalam penentuan preferensi mahasiswa Matematika FMIPA UHO dalam memilih marketplace,mengetahui kombinasi level pada setiap atribut yang paling disukai dalam memilih marketplace, danmengetahui nilai kepentingan masing-masing atribut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis konjoin, menghitung nilai kegunaan taraf atribut dan tingkat kepentingan atribut secara disagregat dan agregat. Penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 29 dalam membuat stimuli dan perhitungan nilai kegunaan taraf atribut dan tingkat kepentingan atribut secara agregat.Hasil dari penelitian ini diperoleh atribut “Promo” adalah yang paling dianggap penting oleh mahasiswa Matematika FMIPA UHO dengan skor 32,293%, kedua atribut “Pembayaran” dengan skor 21,554%, ketiga atribut “Ulasan” dengan skor 18,257%, keempat atribut “Jasa Kirim” dengan skor 16,592%, dan terakhir atribut “Tampilan” dengan skor 11,303%. Kombinasi marketplace yang dipilih oleh konsumen adalah Marketplace dengan Tampilan penuh warna dan gambar, memiliki promo potongan harga produk, menggunakan metode pembayaran transfer bank/indomaret/alfamart, dengan jasa kirim milik marketplace, dan terdapat ulasan produk berupa komentar dan rating.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.