ANALISIS SISTEM ANTRIAN MULTI CHANNEL SINGLE PHASE SERVICE PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) PASARWAJO

SISTEM ANTRIAN MULTI CHANNEL SINGLE PHASE SERVICE

Authors

  • Dewi Sartika Jamil Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Asrul Sani Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Muhammad Kabil Djafar Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Jufra Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Herdi Budiman Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari

Keywords:

Queuing system, FCFS, Multi Channel, Single Phase, SPBU, Matlab

Abstract

Antrian dapat ditemui pada beberapa fasilitas pelayanan umum di mana masyarakat atau barang akan mengalami proses antrian dari kedatangan, memasuki antrian, menunggu, hingga proses pelayanan berlangsung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh langsung dari hasil pengamatan di lapangan pada SPBU Pasarwajo. Pengamatan ini dilakukan dari tanggal 25 Juli 2022 sampai 31 Juli 2022 selama 8 jam disetiap harinya, yaitu pukul 09:00-17:00 WITA. Data yang diambil pada penelitian ini berupa data waktu kedatangan dan waktu pelayanan yang hanya berlaku untuk kendaraan roda dua saja. Dalam penelitian ini dipilih program Matlab untuk membuat simulasi perhitungan pada sistem antrian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sistem  antrian SPBU Pasarwajo mengikuti model (M/M/2):(FCFS//~) dengan rata-rata kedatangan 2.7935 dan rata-rata waktu pelayanan 2.7458, peluang masa sibuk 0.5087, rata-rata pelanggan yang menunggu dalam antrian 0.0726, rata-rata waktu yang dihabiskan dalam antrian 0.1048, rata-rata pelanggan yang menunggu dalam sistem 0.1078, dan rata-rata waktu yang dihabiskan dalam sistem 0.4889. Sistem antrian yang diterapkan sudah efektif karena telah mencapai kondisi Steady-state dengan persentase pelayan sibuk sebesar 50.87%.

Downloads

Published

2023-04-25

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>