PENGOPTIMALAN LOKET PEMBAYARAN (KASIR) DI TUMAKA MART KOTA KENDARI MENERAPKAN SISTEM ANTRIAN MODEL MULTI CHANEL SINGLE PHASE (M/M/c)

SISTEM ANTRIAN MODEL MULTI CHANEL SINGLE PHASE

Authors

  • Isma Indriyana Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • La Pimpi Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Alfian Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Lilis Laome Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Aswani Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari

DOI:

https://doi.org/10.33772/jmks.v4i2.90

Abstract

Tingkat kepuasan pelanggan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan oleh pihak pengelola usaha. Terjadinya keseimbangan antara tingkat kedatangan  dan tingkat pelayanan , yang ditunjang oleh fasilitas pemberi layanan atau kasir  yang memadai atau memenuhi kondisi steady state, merupakan harapan setiap pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama untuk mendapatkan jumlah server atau fasilitas pemberi layanan (kasir) yang optimal berdasarkan model antrian Multi Chanel Single Phase (M/M/c), yang dapat diterapkan di Tumaka Mart Kota Kendari. Pola kedatangan pelanggan di Tumaka Mart Kota Kendari mengikuti distribusi Poisson, sedangkan data waktu pelayanan pelanggan di Tumaka Mart Kota Kendari mengikuti distribusi Ekspoinensial. Model antrian M/M/4, M/M/3 dan M/M/2 direkomendasikan untuk dapat diterapkan di Tumaka Mart Kota Kendari pada waktu siang hari (pukul: 13.00-15.00). Selanjutnya, model antrian M/M/4 dan M/M/3 direkomendasikan untuk dapat diterapkan di Tumaka Mart Kota Kendari pada malam hari (pukul: 18.00-20.00).

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>