Analisis Sistem Antrian Fasilitas Pelayanan pada BRI Unit Tanabatue Kecamatan Libureng Kabupaten Bone
Analisis Sistem Antrian Fasilitas Pelayanan pada BRI
DOI:
https://doi.org/10.33772/jmks.v4i1.81Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi distribusi waktu kedatangan dan waktu pelayanan di BRI Unit Tanabatue (2) untuk mengetahui model sistem antrian yang diterapkan dibagian teller BRI Unit Tanabatue, dan (3) Untuk menganalisis sistem antrian yang diterapkan dibagian teller BRI Unit Tanabatue. Data yang diambil pada penelitian ini berupa data waktu kedatangan dan waktu pelayanan. Dalam penelitian ini dipilih program SPSS untuk menentukan model antrian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kedatangan nasabah di bank BRI Unit Tanabatue berdistribusi Poisson dan pelayanan nasabah dalam sistem tidak berdistribusi eksponensial. Sementara itu, model antrian yang diterapkan di saluran teller BRI Unit Tanabatue adalah [M/G/1]:[FIFO/∞/∞]. Hal ini berarti bahwa hanya terdapat satu saluran teller, dengan menerapkan disiplin antrian First In First Out (FIFO), yaitu nasabah yang pertama adalah nasabah yang datang terlebih dahulu. Di lain pihak, jumlah nasabah yang masuk dalam antrian tidak dibatasi atau tak terhingga, serta ukuran populasi yang merupakan sumber atau asal nasabah yang berpotensi masuk dalam antrian juga tidak terbatas atau tak terhingga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.