ANALISIS SISTEM ANTRIAN CUSTOMER SERVICE PADA BANK SULTRA CABANG BOMBANA MENGGUNAKAN METODE SINGLE CHANNEL QUERY SYSTEM
ANALISIS SISTEM ANTRIAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE CHANNEL QUERY SYSTEM
DOI:
https://doi.org/10.33772/jmks.v3i3.49Keywords:
Antrian, Single Channel Queury System, Bank Sultra Cabang BombanaAbstract
Perbankan merupakan salah satu badan usaha pada bidang pelayanan jasa keuangan. Fungsi bank secara umum merupakan menghimpun dana dari masyarakat luas dan menyalurkan dalam bentuk pinjaman atau kredit untuk berbagai tujuan. Antrian adalah kondisi dimana sekumpulan orang, komponen atau mesin yang membutuhkan layanan harus menunggu dalam suatu urutan tertentu sebelum akhirnya memperoleh layanan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui model sistem antrian pada Bank Sultra Cabang Bombana dan Mengetahui simulasi sistem antrian pada Bank Sultra Cabang Bombana dengan menggunakan MATLAB. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan data yang diambil adalah waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan, dilakukan pengujian Steady-state dan menghitung model sistem antrian Single Channel Queury System. Hasil penelitian ini diperoleh hasil ukuran kinerja dari disiplin antrian yaitu peluang masa sibuk sebesar dan , rata-rata waktu yang dihabiskan seorang pelanggan yaitu jam menit dan jam menit, jumlah rata-rata pelanggan yang menunggu dalam antrian yaitu nasabah dan nasabah nasabah, rata-rata jumlah pelanggan dalam sistem yaitu nasabah dan nasabah nasabah, dan rata-rata waktu yang dihabiskan seorang pelanggan dalam sistem sebesar jam menit dan jam menit. Sistem antrian yang diterapkan Bank Sultra Cabang Bombana belum efektif karena antrian yang terjadi cukup panjang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.