ANALISIS SISTEM ANTRIAN CUSTOMER SERVICE PADA BANK SULTRA CABANG BOMBANA MENGGUNAKAN METODE SINGLE CHANNEL QUERY SYSTEM

ANALISIS SISTEM ANTRIAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE CHANNEL QUERY SYSTEM

Authors

  • Miranti Regita Cahyani Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Asrul Sani Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Mukhsar Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari
  • Norma Muhtar Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari

DOI:

https://doi.org/10.33772/jmks.v3i3.49

Keywords:

Antrian, Single Channel Queury System, Bank Sultra Cabang Bombana

Abstract

Perbankan merupakan salah satu badan usaha pada bidang pelayanan jasa keuangan. Fungsi bank secara umum merupakan menghimpun dana dari masyarakat luas dan menyalurkan dalam bentuk pinjaman atau kredit untuk berbagai tujuan. Antrian adalah kondisi dimana sekumpulan orang, komponen atau mesin yang membutuhkan layanan harus menunggu dalam suatu urutan tertentu sebelum akhirnya memperoleh layanan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui model sistem antrian pada Bank Sultra Cabang Bombana dan Mengetahui simulasi sistem antrian pada Bank Sultra Cabang Bombana dengan menggunakan MATLAB. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan data yang diambil adalah waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan, dilakukan pengujian Steady-state dan menghitung model sistem antrian Single Channel Queury System. Hasil penelitian ini diperoleh hasil ukuran kinerja dari disiplin antrian yaitu peluang masa sibuk   sebesar  dan , rata-rata waktu yang dihabiskan seorang pelanggan  yaitu  jam  menit dan  jam  menit, jumlah rata-rata pelanggan yang menunggu dalam antrian  yaitu   nasabah dan  nasabah  nasabah, rata-rata jumlah pelanggan dalam sistem  yaitu  nasabah dan  nasabah nasabah, dan rata-rata waktu yang dihabiskan seorang pelanggan dalam sistem  sebesar  jam menit dan  jam menit.  Sistem antrian yang diterapkan Bank Sultra Cabang Bombana belum efektif karena antrian yang terjadi cukup panjang.

Published

2023-09-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>