PENERAPAN TEORI PERMAINAN DALAM PENYELESAIAN MASALAH OPTIMASI PADA STRATEGI PEMASARAN TOKO KOSMETIK
Keywords:
Game Theory, Optimal Strategy, Beauty Kendari and NadelAbstract
Pada penelitian ini mengenai Penerapan Teori Permainan Dalam Penyelesaian Masalah Optimasi Pada Strategi Pemasaran Toko Kosmetik dengan studi kasus pada Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel kuota, di mana sampel diambil dengan memberikan jatah atau quorum tertentu terhadap kelompok, dan peneliti mengambil sampel yang digunakan sebanyak 100 responden sebagai perwakilan. Ritel modern yang menjadi alternatif adalah Beauty Kendari dan Nadel Cosmetic. Alternatif strategi yang digunakan antara lain: layanan, harga, variasi produk, kartu anggota, promo, dan lokasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan diuji validitas dan reabilitasnya dan diolah menngunakan Teori Permainan, kemudian akan ditentukan nilai maksimin dan minimaksnya, menentukan strategi optimal, dan menginterpretasikan secara rinci hasil pengolahan data. Berdasarkan hasil analisis diperoleh strategi optimal untuk masing-masing toko kosmetik, baik dari Beauty Kendari maupun Nadel Cosmetic menunjukkan nilai yang optimal. Dari nilai permainan yang diperoleh dapat diketahui bahwa Beauty Kendari lebih unggul pada pemasaran strategi kartu anggota dan Nadel Cosmetic lebih unggul pada pemasaran strategi harga
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.